Sunday, 9 June 2013

Kuliah di Jogja sambil Hidup di Pesantren itu wow banget loh. ^^

Kebersamaan itu terasa banget saat kita berada di pondok, meskipun dari berbeda-beda backround keluarga, suku, dan bahasa. Dalam konteks hidup merantau di Djogjakarta (cie pake kata konteks segala dab. :D) pilihan hidup di pesantren saya rasa pilihan yang tepat. Karena pergaulan  80% dijamin baik. dan yang 20% gak jamin sih karena itu dari  pergaulan dari luar pondok pesantren (misal dari kampus, dari teman-teman paguyuban dll).
Gimana tidak baik, pagi-pagi aja sudah ada yang bangunin untuk sholat subuh, pagi sampai siang/sore di kampus, sore kembali lagi ke pondok. Terus Maghrib bisa jama’ah di Masjid abis itu ngaji Qur’an, Isya juga sholat jama’ah abis itu Ngaji kitab jam 8-9 malem. Abis itu yang ngerjain tugas ya ngerjain tugas, yang ngegame ya monggo ngegame, yang nonton tipi ya monggo (kalo boleh, disini sih boleh tapi di pos jaga :D), yang penting subuh bisa dibangunin hehe.
ini Sholat berjamaah di pondok gue :D
nih temen-temen ada yang sibuk nonton film, ngerjakan tugas, termsuk OnLine :)

 Ya. Kuliah sambil hidup di Pesantren itu bagus dah. Kata siapa kalo hidup di pesantren itu katrok, Itu SALAH loh :) , Malah sebuah suatu kelebihan tersendiri ketika kita di Pondok Pesantren. 2 bidang ilmu sekaligus yang kita dapat. Ilmu di perkuliahan dan juga ilmu agama.

 
Pengajian dari Pengasuh pondok gue, Selain dapet ilmu di perkuliahan kampus kita juga dapet ilmu agama di Pondok :)

Kata siapa juga hidup di Pesantren itu kumuh? Itu SALAH juga loh :) . Aslinya dimanapun seseorang hidup, entah di pesantren, kost, atau lainnya ya tergantung pribadi masing-masing, dia bisa hidup rapi apa enggak, kalo biasa hidup sehat dan bersih, hidup di Pesantren pun bisa hidup sehat dan bersih. Bahkan disini setiap beberapa bulan atau dg waktu yang tdak di tentukan  pasti diadakan lomba kebersihan kamar entah itu di beri tahu sebelumnya ataupun secara dadakan. Guna melatih para santri agar selalu hidup sehat dan bersih. Enak kan.. ada yang merhatiin kita ^^

kamar santri

 
Saat lomba kebersihan kamar dadakan bersama pas Ustad dan ustadzah sebagai Juri :)
 
kalo ini kamar Gue,,, :D kaya kapal pecah yak? haha
 Di samping itu kita bisa saling kenal sesama santri meski dari kampus berbeda bahkan udah kayak keluarga sendiri. Misalnya dulu ada teman yang sakit tanpa dimintai pertongan, temen-temen sudah dengan sendirinya membantu membawanya periksa lah, menghubungi keluarganya lah, menemani di Rumah sakitlah. Itu kalau ada yang sakit. Terkadang yang enak juga saat liburan kita bisa touring bareng kemana-mana. Kadang juga makan bareng meskipun sering makan sendiri sih. Ya biasanya makan bareng kalo ada yang habis pulang atau dapet kiriman makanan, wah rame pastinya. Ayo cahh.. do ngumpul,, makan nih….
siap-siap makan

makan bareng, apapun makanannya tetep terasa enak. :D

rihlah 'alamiyah/ touring bareng temen-temen di pondok dulu.
touring bareng nih..

Bagaimana dengan biaya? Hidup di Pesantren sembari kuliah di Jogja itu aslinya sama aja dengan hidup di kost (biayanya loh ya). Disini sih perbulan 200sekian ribu, hampir sama dengan kost bahkan boleh jadi lebih murah, iya kan?? Soal makan gimana?? Tergantung sih mau dipesantren mana, ada yang nyediain makan sekaligus di lain pesantren juga ada yang makannya nyari sendiri atau boleh masak sendiri. Sama kan??

Bagaimana kalau hidup di luar pesantren?? Wah Tanya teman-teman kamu saja ya
Jadi kamu pilih mana? Aku pilih di Pesantren

PP. Aji Mahasiswa Al-Muhsin Yogyakarta, 9 Juni 2013.

94 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. pondok sampean murah tur mewah mas, aku betah pas 5 hari disana :D

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. pondok pesantren aji mahasiswa al-muhsin krapyak watan sewon bantul

      Delete
    2. ada untuk putri juga nggak?

      Delete
  4. ini kuliahnya gabung ama pesantren atau tinggalnya aja dipesantren?

    ReplyDelete
  5. Mas, kalau kuliah diluar trus tonggalnya di pesantren. Apa ada kurikulum yg wajib kita ikuti di Pesantren?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambah lagi mas, jarak ponpesnya itu, jauh nggak dari kota jogja?

      sebelumnya makasih, moga sudi dijawab :)

      Delete
    2. gag begitu jauh, kalo dari jogja kotanya. ke alun-alun kidul aja 5 menit nyampe. ke kraton 15 menitan. :)
      oiya sorry baru bisa jawab, baru sempet online

      Delete
    3. oiya masalah kurikulumnya pesantren menyesuaikan dengan jam kuliah mahasiswa, jadi masuk kelas / Ngaji kitab itu dilaksanakan malam. sehabis maghrib dan sehabis iya dan habis subuh. pagi kuliah di kampus masing2. :)

      Delete
  6. jalan parang tritis, KM 3,5 dk, Krapyak wetas, Panggung Harjo, Sewon, Bantul

    ReplyDelete
  7. disana khusus laki-laki ya? saya perempuan soalnya.. sy mau tinggal di pesantren, tp sambil kerja di tempat lain.. bisa nda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. laki laki dan perempuan.. insyaAllah bisa, soalnya disni pagi dak ada kegitan pesantren, soalnya santrinya pada kuliah, kegiatan ngajinya abis maghrib sama malam hari

      Delete
  8. Hanya saja disini pesantrennya lebih cocok untuk kalangan modern/santri pemula. Karena disini memang kurang diajarkan sisi prihatin & disiplin. Terlihat dr kemewahan & kebebasan yg diberikan o/ pihak pesantren. Lebih sesuai sebagai alternative hunian kost.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya hanya menjelaskan sisi generalnya saja tentang pesantren yang pernah saya huni, yang mana mayoritas santrinya mahasiswa dari berbagai universitas di Jogja. namun jika ingin mengetahui lebih detailnya bisa langsung cari informasi di pesantrennya langsung di JL. Parang Tritis Km. 3,5 Krapyak wetan, Panggungharjo, Sewon, Bantul.
      menurut saya ya, kemewahan tidak mengindikasikan bahwa santri itu kurang prihatin ataupun disiplin. Dari yang saya amati banyak pula santri yang tinggal disini pun menjalani tirakatan, entah puasa atau qiyamul lail. semua kembali pada pribadi santri itu sendiri. Masalah disiplinpun disini juga ada peraturan yang harus di lakukan dan larangan2 yang tidak boleh dilakukan, jadi pihak pesantren memberikan kebebasannya tetap dibatasi dengan peraturan peraturan.
      Saya kurang setuju pula kalo pesantren disebut dengan alternative hunian kost : Kost yang segala sesuatunya terserah yang punya kamar, kami beda. disini ada jadwal di luar jam kuliah (pagi-sore) untuk kegiatan-kegiatan seperti mengaji, kuliah idzofi dan kuliah asasi setiap ba'da subuh, maghrib dan isya'.
      sekian.
      oiya terimakasih saran dan masukannya ^_^

      Delete
  9. wah...kamar pondok e resik2 yo dib.......

    ReplyDelete
  10. klo untk biaya sewa kamarx sndiri gmna mas? kisaran brpa? fasilitasx apa aja? kamarx selalu ada yg kosong nda? maaf ya nanyax kebanyakan, soalx sy mau lngsung dr daerah trus ke situ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. perbulan sekarang kalo ga salah 225ribu rupiah, kalo selalu kosongnya saya kurang tau, apalagi di pesantren putrinya. yang jelas sekamar kisaran 2-3 orang lah.. coba aja langsung tanya ke pesantrennya. :)

      Delete
    2. ya udah, makasih degh bwt infonya.. :)

      Delete
    3. iya sama-sama. moga manfaat infonya ^_^

      Delete
  11. ponpesnya deket univ apa aja bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deket ISI, ATK, UMY juga lumayan lah..

      Delete
  12. Replies
    1. walah santrinya datang... asruri... :>)

      Delete
  13. wah :) ini sampean kuliahnya dimana ? kampus yg plg deket sama pondok ini mana aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuliahku Di UIN Suka, kampus yang deket sama pondok ini, ATK, ISI, Stimik El-Rahma, agak jauhan dikit UMY, lebih jauh lagi UIN, UNY, UGM, paling jauh UII Jakal. :D Tapi banyak yang dari UNY, UGM dan UII jakal yang nyantren disini. sayange ku udah g di pesantren sini lagi, pindah ke rumah dosen :)

      Delete
  14. mas kalo boleh minta. ada kontak personnya gak ya?

    ReplyDelete
  15. menurut anda pondok pesantren di jogja buat mahasiswa yang paling baik yang mana?? profesional ya...trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau mbak,, soalnya saya dulu sama depag di tempatkan di PP Aji Mahasiswa Al-Muhsin,, semuanya bagus,, seperti Al-Muhsin, Al-Munawwir, Ali Maksum, An-Nur (Bantul) : Nurul Ummah (kota gede): Luqmaniyah, Wachid Hasyim (Sleman). Semuanya mayoritas Mahasiswa yang nempatin. Disamping itu juga ada yang campur sama yang masih pelajar, MTS-MA. Terimakasih :)

      Delete
    2. maaf kalo boleh tau dulunya ikut program depag yg mana?ko ditempatinnya di al muhsin?
      oh ya lagi ada program tahfiznya kah? pengasuhnya tinggal bareng santri juga kah?
      terimakasih,

      Delete
    3. owh dulu ikut program Beasiswa PBSB (Program Beasiswa Santri Berprestasi) kebetulan angkatan saya 2009 sama kakak anggkatan 2007 & 2008 di tempatkan di Pondok tersebut.
      Program Tahfidz ada kok,, Pengasuh tinggal di kompleks pondok juga.

      Delete
    4. Kalo kumy kira2 brp mnit pakai sepeda motor

      Delete
  16. Kalo untuk biaya masuk pesantrennya itu berapa mas ?? Dan itu ada kurikulum pesantren nya ??dan ada program apa aja di pesantrennya mas ??
    Dan mohon maaf kalo ngga sopan nanya ini pesantrenny ber ormas atau campur ?? Syukron mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo pendaftaran aku kurang tau sekarang berapa. Iya ada kurikulum pesantrennya juga kok. Untuk pesantrennya Campur berbagai kalangan, namanya juga Pondok mahasiswa, santrinya Mayoritas mahasiswa yang dari berbagai kalangan.

      Delete
  17. Maaf mau tanya,kalo masuk ponpes itu ada persyaratannya ngga ya? dekat sama UNY? thx. :-?

    ReplyDelete
  18. owh kalo sama uny ya lumayan jauh,,, persyaratannya telah resmi daftar di pondok tersebut.

    ReplyDelete
  19. krapyak ya mas? kalo udah lulus boleh mondok ta? hehe

    ReplyDelete
  20. Replies
    1. enggak terlalu,, menyesuaikan jam mahasiswa, karena mahasiswa biasanya kuliah dari pagi sampai sore, maka kegiatan mulai ba'da magrib, ba'da isya dan setelah subuh hehe

      Delete
  21. Klau di sini boleh gk bawa alat* komunikasi sperti hp leptop gitu.?
    Dan apa aja larangan nya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh bawa alat komunikasi seperti hape dan laptop. Larangan juga ada seperti dilarang keluar malam dll yang ada di tatatertib pondok :)

      Delete
  22. setelah melihat beberpa komen diatas. ternyata masnya ini diterima program PBSB? kalau boleh tahu, dulu program tersebut sistematikanya seperti apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://ditpdpontren.kemenag.go.id/beasiswa-dan-bantuan/pengumuman-ppsb-2015-3/

      Delete
  23. Mohon infonya apakah dekat dengan STMIK AMIKOM di Ring Road Utara ?apakah ada pondokan yang lebih dekat dengan STMIK Amikom?

    ReplyDelete
  24. Kalo sama UIN SUKA berapa kilometer?

    ReplyDelete
  25. mas , kalo dengan Amikom di ring road utara , pondok pesantren almuksin jauh tidak ?
    kalo yang dekat pondok pesantren apa yah ? ada nomor telpon pondoknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo almuhsin krapyak lumayan jauh sih,,, ada pesantren deket amikom namanya juga pondok pesantren al-muhsin. tepatnya di sebelah barat UPN. kalo kontak telponnya saya belum punya

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Kalo disana boleh bawa motor gak mas?

    ReplyDelete
  28. Kalo disana boleh bawa motor gak mas?

    ReplyDelete
  29. Replies
    1. sekarang kisaran 250 an ribu kayaknya mas,,

      Delete
  30. Mas denger" di almuhsin krapyak ada kamar vip nya ya ?

    ReplyDelete
  31. Yang Vip berapa orang perkamar mas ? Biayanya brp ?

    ReplyDelete
  32. PP. Ali maksum bagus apa ngga mas?

    ReplyDelete
  33. Asalamualakum, mau nayak , ada yg tau di universitas jogja tw solo yg ada jurusan analis s1 tolong infoya

    ReplyDelete
  34. ponpes ini dekat UNY nggak msz?

    ReplyDelete
    Replies
    1. PP Wahid Hasyim, Nologaten Depok Sleman.

      Delete
    2. kalo ponpes almuhsin lumayan jauh dari UNY

      Delete
  35. Mas ada kontak untukbdi hub tidak pomdok pesantrrn nya

    ReplyDelete
  36. Saya pingin isi liburan kuliah di pondok bisa gak ya? Tapi untuk putri, mohon infonya

    ReplyDelete
  37. mas mau tanya ini pesantrenya kalo sama UIN sekitar berapa kilo? perbulanya bayar berapa ?? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari UIN suka sekitar 8-9 Km. Perbulan sekarang mungkin sekitar 250 rb

      Delete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Kira2 berapa menit mas dari pondok ke uin suka?

    ReplyDelete
  40. Mas saya boleh minta kontak mas nya

    ReplyDelete
  41. Mas saya boleh minta kontak mas nya

    ReplyDelete
  42. Itu sekamar berdua? Kamar mandi dalem?

    ReplyDelete
  43. Mas, ini bisa ga ikut ngajinya aja. Tapi tinggalnya di luar pondok

    ReplyDelete
  44. Mas, di pp Ali Maksum boleh bw alat komunikasi, laptop, dan motor sprti pp yg mas huni tdk ?
    Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  45. Mas, di pp Ali Maksum boleh bw alat komunikasi, laptop, dan motor sprti pp yg mas huni tdk ?
    Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  46. Assalamualaikum

    Minta kontaknya mas.

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum

    Minta kontaknya mas.

    ReplyDelete
  48. Kalau tinggal dipondok terus sambil kuliah,juga sambil kerja. Bagaimana y mas

    ReplyDelete
  49. Kalau tinggal dipondok terus sambil kuliah,juga sambil kerja. Bagaimana y mas

    ReplyDelete

terimakasih ^_^