Wednesday, 18 February 2015

Setiap manusia pasti mempunyai tujuan hidup. Bila dilihat dari dua perspektif yakni perspektif theology dan sosiologi maka akan tampak berbeda mengenai tujuan hidup manusia. Tentunya dari aspek teologi yang membahas ajaran-ajaran dasar suatu agama,  tujuan hidup manusia dari kalangan muslim sesuai dengan yang di firman Tuhan. “wa ma khalaqtul jinna wal insa illa liya’budun” artinya “Tidaklah Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk menyembahKu (Beribadah).”  Tentunya bagi yang muslim sudah mengerti tentang ini.

Tapi selain urusan akhirat juga ada kita tidak boleh begitu saja mengesampingkan urusan dunia kita “wala tansa nashibaka minad dun ya”. Karena kita hidup tak akan lepas dari segala sesuatu urusan dunia. Kita hidup berinteraksi dengan banyak orang, banyak golongan dan banyak kepentingan. Tentunya kita salah satu diantara orang banyak tersebut juga mempunyai kepentingan dan tujuan untuk meraih apa yang kita inginkan. Sebut saja kata-kata “sukses” saya yakin mereka pengen meraihnya. Tapi bagaimana? Salah satunya dengan mempunyai tujuan hidup. Tujuan tersebut bagaimana untuk mencapainya? Rencana atau planning dengan target yang jelas dengan mempunyai visi dan misi hidup.

Visi adalah tujuan utama. Dimana visi ini bisa berubah jika sudah tidak layak atau visi itu telah tercapai. Sedangkan  Misi adalah cara atau usaha kita untuk mencapai Visi atau tujuan itu. Tetapi visi dan Misi hidup tidak harus semua orang tau, tidak harus bukan berarti orang lain tidak boleh tau dan tidak harus ditunjukkan ke orang lain. 

Bagaimana dengan saya? Cukup saya yang tau apa visi dan misi hidup saya. Dan satu yang terpenting motto, karena itu bisa menjadi penyemangat, landasan kamu juga. Seperti motto saya adalah
“Sak apik-apik e manungso, sing paring manfaat marang liyan” 
dokumentasi dari Skripsi saya

18 comments:

  1. wah rahasia visi dan misinya
    iya si
    karena bila diberitahu akan ada orang yang mungkin menghalangi visi dan misi sebagai landasan dari mimpi

    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjenih.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. ciee adieb maen rahasiaan...
    tpi klo dari mottonya secara umum aku dah bisa nebak aba visi n misinya, apa itu? rahasia jg hehee

    ReplyDelete
  3. Terus terang saya juga sulit menuliskan visi misi Mas. Bukan soal males tapi takut kalau nggak bisa ngelakoninya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. انتم أعلم بأمور دنياكم :)

      Delete
  4. Berbagi kepada sesama, menjadi manusia berguna dan mendapat pahala. :)

    ReplyDelete
  5. Nah Mottonya tak kira selama ini " Maju Terus Pantang Mundur, MBUH PIYE CARANE"

    @rizalarz

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe itu filosofi hidup kang, hidup kita kedepan, makin lama makin tua dan akhirnya menghadap ke yang Kuasa. Nah mau tidak mau harus kita jalani, dan sebuah keniscayaan jalan juga tidak selalu mulus. but we must go on.. ^^

      Delete
  6. suka sama kutipan yang ada di foto palng bawah, Dib... :) ayo ngeblog lebih banyak lagi soal ilmu agama, tularkan ilmu yang kamu dapat di pesantren.. @RuriOnline

    ReplyDelete
  7. Banyak santri rupanya peserta LBI2015 ini

    ReplyDelete
  8. Semoga anak pesantren ini terkabul misi dan visi rahasianya :)

    ReplyDelete
  9. aku nduwe visi misi yg rahasia juga sih. Hahahaha Tapi duduk perkoro harta benda utowo duik pokoke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kuwi,, perkoro opo mas? hhahaha

      Delete
  10. Aku juga santri... hihi,
    Visi dan misi itu akan menjadikan kita tahu untuk apa hidup ini sebenarnya.

    ReplyDelete

terimakasih ^_^