Monday, 2 March 2015


Awalnya ketika saya di Book Shoping Center di Jogja, ternyata ada banyak anak-anak KSR lewat nyebar brosur Donor Darah. 

ayo donor darah

Wah jadi inget masa saya Sekolah 6 Tahun aktif di PMR Madya s.d Wira. Dan pernah ikut Jumbara tk. Provinsi tahun 2005 di Malang. Wah seneng rasanya melihat mereka dan mengingat masa-masa dulu. Apalagi ketika mendengar mars PMI :
Palang Merah Indonesia, sumber kasih umat manusia
Warisan luhur Nusa dan Bangsa
Ujud nyata pengayom Pancasila.
Gerak juangnya keseluruh nusa
Mendarmakan bakti bagi ampere
Tunaikan tugas suci. Tujuan PMI
Di persada bunda pertiwi
Untuk umat manusia. Di sluruh dunia
PMI mengantarkan jasa.
(ini nulisnya tanpa browsing loh, dan ternyata masih ingat :D) Sebagai orang yang dulu aktif di PMR semua materi tentang (PP) Pertolongan Pertama, PBT (Pasang Bongkar Tenda), PK (Perawatan Keluarga) dan Materi Sejarah sudah pernah saya pelajari (entah masih ingat atau enggak). Kegiatan-kegiatan lomba dan non lomba seperti kemah, latihan gabungan dan mengadakan donor darah di sekolah sudah pernah dilakukan. Tapi satu yang belum menjadi pendonor. :D dan akhirnya di kesempatan ini saya beranikan diri untuk berdonor, meskipun deg-degan karena disemangati terus akhirnya berani. 
 
makasih sudah disemangati ^^
Oh iya Donor darah itu adalah orang yang memberikan darah secara sukarela untuk maksud dan tujuan transfusi darah bagi orang lain yang membutuhkan. Semua orang dapat menjadi donor darah jika memenuhi persyaratan yang berlaku. (Sumber: Brosur) 
Akhirnya periksa dulu tentang syarat-syarat donor darah.
Nah APA SYARAT SYARAT UNTUK MENJADI DONOR DARAH ?
1. Sehat jasmani dan rohani
2. Usia 17 sampai dengan 65 tahun.
3. Berat badan minimal 45 kg.
4. Tekanan darah :
    - sistole 100 - 170
    - diastole 70 - 100
5. Kadar haemoglobin 12,5g% s/d 17,0g%
6. Interval donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya (maksimal 5 kali dalam 1 tahun)
Dan Saya lolos
Kemudian JANGAN MENYUMBANGKAN DARAH JIKA :
1. Mempunyai penyakit jantung dan paru paru
2. Menderita kanker
3. Menderita tekanan darah tinggi (hipertensi)
4. Menderita kencing manis (diabetes militus)
5. Memiliki kecenderungan perdarahan abnormal atau kelainan darah lainnya.
6. Menderita epilepsi dan sering kejang
7. Menderita atau pernah menderita Hepatitis B atau C.
8. Mengidap sifilis
9. Ketergantungan Narkoba.
10. Kecanduan Minuman Beralkohol
11. Mengidap atau beresiko tinggi terhadap HIV/AIDS
12. Dokter menyarankan untuk tidak menyumbangkan darah karena alasan kesehatan.
Dan tara,,, aku bebas dari itu semua.

Saatnya masuk ke dalam bus, tempat transfusi darah. 


Deg-degan banget karena saya orangnya emang gak tega kalo lihat darah, tapi harus dipaksa berani dan akhrinya berani juga. Saat melihat jarumnya segede itu rasanya uuuhhhh,,, tapi setelah ditusukkan ke lengan sakitnya hilang kok, mung rasane mak senut gitu. darahku masuk kantong cah
 
suasana di dalam bus
darahku sekantong cah

Dan akhirnya saya difoto sama masnya. Eh enggak deh saya minta tolong masnya suruh ambil foto saya. Haha.. karena ini moment pertama kali saya donor darah.


 Boleh Donor 3 bulan lagi... Terimakasih ^^

6 comments:

  1. Iki caramu posting piye sih? Kok hurufe cilik2 banget hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku nulis ndik word disek mas,,, haha...

      Delete
  2. Alhamdulillah, saya baru 54 kali, Mas.

    @nuzululpunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw the mastah kok njenengan pak. :D

      Delete
  3. Whoaa, PMR toh dulunya. :D semangat, semangat.

    ReplyDelete

terimakasih ^_^