Monday, 23 March 2015

Tak terasa ya ternyata sudah  tiga bulan kompetisi ini berlangsung, tahap demi tahap telah dilewati dan akhirnya tiba di penghujung pekan alias pekan terakhir diselenggarakannya Liga Blogger Indonesia 2015 yang diprakarsai oleh teman-teman dari Dot Semarang. 

Tentunya tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada semuanya dari penyelenggara, juga pada para peserta LBI2015 yang luar biasa yang tak bisa saya sebutkan satu-persatu, dari acara ini kita bisa saling kenal meskipun belum pernah ketemu meskipun sebagian sudah sih, seperti pak Nuzulul dan mas Adi Firmansyah saat BN2013 di Jogja . But it’s fun and so amazing bisa berkenalan dengan kalian semua. Tentunya banyak hikmah yang saya dapat dari kompetisi ini. Seperti yang pernah saya katakana diawal pekan dulu bahwa ‘Liga’ tak hanya ada pada kompetisi olah raga saja. Tapi dalam dunia perbloggernya juga ada. Semoga ini bisa menginspirasi untuk lainnya juga.

Tema pada pekam terakhir ini memang cukup menarik yakni EKOSISTEM BLOGGER’.  Sebagai Blogger tentunya kita semua berinteraksi dengan sekitar kita entah itu komunitas, teman, keluarga ,instansi, organisasi, masyarakat dan juga lingkungan. Kita sebagai blogger membaur  menjadi satu dari banyaknya keanekaragaman masyarakat di situ termasuk juga dengan blogger lainnya yang juga beraneka ragam backroundnya mulai penulis, guru, wartawan, copywriter dll. 

Pada dasarnya dari keanekaragaman masyarakat seperti itu, mereka bisa saling membutuhkan satu sama lain. Termasuk butuhnya mereka akan adanya seorang blogger. Misalnya seperti yang gencar komunitas blogger di Semarang yang gerak dalam membangun dan mempromosikan wisata di kotanya begitu pula di Provinsi Jawa Tengah, Secara tidak langsung mereka sudah berinteraksi dengan komunitas lain seperti Instansi Dinas Pariwisata setempat dan juga pemerintah setempat. 

Nah kita juga bisa seperti mereka tinggal bagaimana kita membuat planning untuk bisa melangkah seperti itu dan dibutuhkan oleh masyarakat. Seperti membangun personal branding, gabung dengan komunitas-komunitas blogger dan lainnya atau dengan cara yang kalian buat, itu masalah teknis. Yang jelas bangun konsep dan plan agar eksistensi seorang blogger dikenal di masyarakat dan dibutuhkan. 

Saya bagaimana? Saya pun juga, setelah dan saat mengikuti LBI  ini Alhamdulillah saya juga dipercayakan membangun dan membantu jalannya  blog beberapa pesantren di luar jawa seperti di Kalimantan dan Sumatera, doanya ya kawan.

Satu pepatah jawa yang ingin saya sampaikan, yang saya anggap begitu penting:
Sepi Ing Pamrih, Rame Ing Gawe” – Bekerja dan berkarya tanpa memikirkan imbalan (lebih tepatnya, imbalan akan mengikuti kita dengan sendirinya)

Panitia BN2013 di Jogja bersama Pak Nuzulul dan Pak Anjari

23 comments:

  1. Maas.. tahun 2013 itu aku datang ke Yogja lhoo.. kok kita gak ketemu, sih?
    Padahal aku ketemu Pak Nuzulul juga disana hehe.. adanya ekosistem ini tanpa sengaja kita telah memiliki kedekatan emosisonal. *cieeh, kita* :D
    Semoga sukses ya Mas dengan pekerjaannya sebagai blogger. Keren nih dapat pekerjaan mengelola blog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga di BN selanjutnya bisa jumpa mbak yun

      Delete
  2. lhah, kok kita gak poto bareng juga waktu BN 2013 itu ya? pdhl kita berada pd ekosistem yg sama saat itu kan ya

    @ririekayan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin dulu kita belum saling kenal mbak ririe :D

      Delete
  3. berinteraksi ya? keren
    aku mohon maaf dan terima kasih atas segala kesalahan selama LBI musim 2015
    semoga silaturahmi bisa tetap terjalin
    sedih harus berpisah sama semua
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Yup. Seneng bisa kenalan sama teman2 baru di LBI & dapet ilmu perbloggingan juga ^_^ @RuriOnline

    ReplyDelete
  5. interaksi dalam sebuah ekosistem blogger akan mendatangkan banyak kebaikan insyaAllah...
    selama niat lurus, bekarya untuk tujuan yg baik, hal2 baik pun akan datang :)

    ReplyDelete
  6. interaksi dalam sebuah ekosistem blogger akan mendatangkan banyak kebaikan insyaAllah...
    selama niat lurus, bekarya untuk tujuan yg baik, hal2 baik pun akan datang :)

    ReplyDelete
  7. Blog masih barang yg ekslusif di zaman sekarang ini. Apalagi jaman dulu ya, di saat facebook belum ada, beuh punya blog itu sudah sangat bonafit hahaha apalagi dot com.

    ReplyDelete
  8. Masak nggak terasa bro, saya sangat merasakan hari demi hari ....... merasa tertekan he he.
    Met jumpa di lain kesempatan......

    @rizalarz

    ReplyDelete
  9. sukses mas bro, semoga apa yang di cita-citakan tercapai :)

    ReplyDelete
  10. selama saya di jogja, belum pernah ketemu njenangan ya mas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketemu malah di Nganjuk mas,,, :D

      Delete
  11. waktu BN2013 saya belum banyak mengenal blogger bahkan yang terkenal sekali pun. semoga BN2015 bisa terlaksana dan bisa bertemu dengan blogger2 lain termasuk sampeyan
    cheer

    @f_nugroho

    ReplyDelete

terimakasih ^_^