Thursday, 10 September 2015

Bagi yang pernah atau sedang belajar atau sekedar membaca buku tentang filsafat atau sejarah perkembangan filsafat pasti sering mendengar istilah renaisans (reinassace) sebenarnya apa sih itu renaisans? Mari mengulas sedikit  tentang istilah ini.
 
Sebelumnya saya akan menjelaskan secara garis besar sejarah perkembangan ilmu pengetahuan  terdiri dari empat periode;
pertama, periode filsafat Yunani (abad 6 SM- 0 SM) pada masa ini merupakan masa keemasan pertama peradaban Yunani dan Romawi, banyak muncul pemikiran dari tokoh-tokoh filsuf, astronomi dll di masa ini, seperti Thales, Plato, Aristoteles dll. Kedua, periode  kelahiraan Isa (Abad 0-6 M). Pada masa ini ilmu pengetahuan khususnya filsafat mengalami kemunduran. Para raja membatasi kebebasan berfikir, kebenaran hanya menjadi otoritas gereja, gereja dan para raja yang berhak mengatakan dan menjadi sumber kebenaran. Sehingga kebebasan berfikir, tentang segala kehidupan termasuk filsafat seakan-akan mati suri. Ketiga, Periode kebangkitan Islam (Abad 6-13 M) ditandai dengan muncul para ilmuan islam di bidangnya masing-masing, seperti Hanafi, Maliki, Syafii dan Hanbali para ahli dalam hukum islam, Ibnu Sina dalam bidang kedokteran, al-Kindi ahli filsafat, Alghazali dan masih banyak lagi . Sedangkan, pada masa ini Kristen Eropa mengalami kegelapan karena terjadi pembatasan kebebasan seseorang dalam berfikir dan berkarya, atau juga disebut periode masa pertengahan. Sedangkan kebangkitan Islam sendiri mulai goyah setelah perang salib terjadi sehingga keadaan menjadi porak-poranda karena peperangan. Keempat adalah Periode kebangkitan Eropa atau masa keemasan ke dua Eropa (Abad 14-20) dan yang sering di sebut dengan RENAISSANCE.

Renaisans  berasal dari bahasa Prancis “Reinassance” dalam bahasa Inggris juga sama Reinasance , sedangkan dalam bahasa italia Rinascimento yang secara etimologi / arti harfiah berarti  kelahiran kembali atau lahir kembali. Sedangkan terminoloi adalah suatu gerakan kebudayaan antara abad ke 14-17, bermula dari Italia pada akhir abad pertengahan dan kemudian menyebar ke seluruh eropa. Gerakan ini mencakup kebangkitan pengetahuan  berdasarkan sumber-sumber klasik (peradaban Yunani dan Romawi) ditandai dengan kehidupan yang cemerlang di bidang seni, pemikiran maupun kesusastraan yang mengeluarkan eropa dari kegelapan intelektual abad pertengahan.  Rainasans adalah lahirnya banyak pembaharuan maupun penciptaan. Universitas menjamur di seantero Eropa dan penebaran gagasan tiba-tiba muncul serempak.

sumber foto: Google


Sumber: Filsafat Ilmu karya Drs H. Mohammad Adib, MA, Dosen Univ. Airlangga

(semoga saya bisa membuat karya seperti beliau, ciee pas namanya sama adibnya :D )

5 comments:

  1. Pas masa itu di indonesia lg ngapain mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa yang mana? kan banyak keterangan waktu di tulisan ini :D

      Delete
  2. Pas eropa gelap dan pas bangkit

    ReplyDelete
  3. Pas eropa gelap dan pas bangkit

    ReplyDelete
    Replies
    1. abad pertengahan mulai abad 0-14 M entah indonesia sedang apa. Abad 14-20 Indonesia sudah mulai dimasuki penjajah belanda sekitar abad 15-an.

      Delete

terimakasih ^_^