Monday, 18 January 2016



Tulisan ini saya buat dari hasil penelitian teman seasrama saya yang membuat inovasi tentang Pengembangan Media untuk Peserta Didik difabel Netra di TPA Luar Biasa A Yaketunis Yogyakarta. Dia Bernama Angga Wisesa mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang merampungkan Tugas Akhirnya dengan membuat aplikasi berbasis android yang ia beri nama DITAQU (Difabel Tahfidz Qur’an).

Semakin berkembangnya teknologi dan berbagai media elektronik maupun aplikasi di era yang serba canggih ini membuat semakin banyak bermunculan media pembelajaran berbasis teknologi (android dan lainnya) yang seakan-akan berkompetisi membuat inovasi-inovasi terbaru. Sayangnya media tersebut masih berkutat pada pengguna ‘normal’ seperti kita. Akan tetapi media sebagai sumber belajar difabel khususnya netra masih jarang sekali dijumpai. Keterbatasan media pembelajaran seperti ini nampaknya memunculkan diskriminasi pada difabel netra. Peserta didik difabel netra membutuhkan media yang efektif, efisien, fleksibel dan menarik untuk belajar.  Nah kegelisahan tersebut yang menajadikan saudara Angga ingin membuat sebuah aplikasi berbasis android untuk kalangan difabel netra, meskipun backround dia sebagai mahasiswa jurusan pendidikan tapi kemampuanya seperti anak tehnik informatika.
aplikasi ini sekarang sudah ada di playstore

Aplikasi pembelajaran berbasis android ia pilih karena aplikasi berbasis ini dapat memadukan antara audio dengan sentuhan. Di samping itu media pembelajaran berbasis android juga mudah untuk dioperasikan bagi difabel netra, karena Google sebagai pihak utama pengembang telah menciptakan fasilitas aksestabilitas bagi difabel netra dengan memanfaatkan fitur aksestabilitas “TalkBack”. Tapi hemat saya, sayangnya tidak semua android menyediakan fitur ini, seperti yang saya miliki Leno**. Namun bisa di download ketika tidak ada fitur Talkback ini. Kalau di Sams**g biasanya sudah ada.
Sesuai dengan kemampuannya dan basis pendidikan dia dalam dunia pesantren ia berinovasi menciptakan sebuah media berbasis android dalam membantu anak didik netra dalam menghafal al-Qur’an. Disamping itu kendala yang dihadapi difabel netra dalam pembelajaran al-Qur’an adalah tidak tersedianya media pembelajaran yang praktis dan legkap sebagai sumber belajar mandiri. Namun sebagai langkah awal untuk menyelesaikan tugas akhirnya ia hanya mengambil satu surah sebagai uji materi media tersebut. Ia mengambil sample surah “’Abasa” bukan serta merta ia memilih surah itu sebagai sample materi dalam penelitiannya. Surah “’Abasa” adalah surah di dalam al-Qur’an yang sebab turunnya ayat berhubungan dengan peran seorang disabilitas netra.

alhamdulillah dapat nilai sempurna 4. tulisan ini wujud saya turut bersyukur dalam suksesnya penelitian ini


Alhamdulillah berdasarkan penelitian tersebut, media “DITAQU” berbasis android tersebut memiliki kualitas sangat baik dari para reviwer (ahli media dan ahli materi)—salah satunya dosen dari fakultas sains dan teknologi UIN Sunan Kalijaga—yakni mencapai skor prosentase 90.8 % sehingga media ini dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri. Untuk aplikasinya bisa di cek di PlayStore dengan kata kunci “Ditaqu Surah Abasa” yang dia upload menggunakan akun rekannya yang sudah memiliki akun di playstore
Harapan saya aplikasi ini dapat dirampungkan menjadi media pembelajaran hafalan al-Qur’an bagi disabilitas netra dengan materi seluruh surah al-Qur’an full. Sehingga dapat menjadikan lebih bermanfaat lagi dan mendapatkan banyak apresiasi dan juga kerjasama dalam mengembangkan media ini.  Sukses buat Angga teman seasrama dan sekamar juga,  yang menunggu tanggal 27 Februari besok untuk Wisuda.


Yogyakarta, 18 Januari 2016

Surah Abasa. Yg mana asbabun nuzul surah tsb berhubungan dg interaksi Nabi dg disabilitas netra. 
 inframe:  Saudara  Angga yang saya simak hafalan menjelang persiapan sidang skripsi



Bagaimana menurut anda tentang aplikasi ini? tulis di kolom komentar.
Pekan ke-2 Liga Blogger Indonesia 2016
Tema : Teknologi & Difabel 


51 comments:

  1. Wah, itu fiturnya lengkap ya, sudah ada audio sama teksnya juga dong. Keren, nih. Selamat buat temanmu itu. Semoga kalian sukses. :)

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat sekali ya mas, dngan begitu, kita sudah membantu meringankan ssaudara2 kita yg difabel. Semoga selalu dimudahkan segala urusannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin,, sampean juga semoga dilancarkan segala urusannya

      Delete
  3. Terharu baca postingan ini mas, sampai berkaca-kaca.
    Malu juga, karena saya ini termasuk simpatisan difabel, tapi belum bisa mewujudkan aksi nyata untuk membantu saudara-saudara istimewa saya. Semoga kedepannya saya juga bisa menyumbangkan sesuatu yang bisa memudahkan teman-teman difabel, apapun itu. :) :) :)

    @onlykharisma

    ReplyDelete
  4. ya Alloh. speechless mas. semoga dilancarkan penyempurnaannya. semoga jadi amal jariyah.

    @diahdwiarti

    ReplyDelete
  5. Keren tuh, bukan anak IT tapi berkemampuan anak IT, bikin aplikasi yang bermanfaat untuk kalangan difabel. *langsung tutup muka (malu sama diri sendiri) semoga penyempurnaan aplikasinya berjalan lancar aamiin. Bisa di download di playstore ya? Nanti mau di coba ah :)

    @gemaulani

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo jangan lupa dibaca tutorialnya ya..

      Delete
  6. wah ga nyangka ya difabel juga bisa tetep hafal alqur'an dg bantuan media ini

    @amma_chemist

    ReplyDelete
  7. Wah.. Sangat membantu... Besar pahala nih yang buat. :-)

    @leon_sps

    ReplyDelete
  8. Wah.. Sangat membantu... Besar pahala nih yang buat. :-)

    @leon_sps

    ReplyDelete
  9. Keren inih ngembangin kemajuan iptek, idenya bagus banget ini kang Angga, semoga terus maju :)

    @umimarfa

    ReplyDelete
  10. Masya Allah... Salut sama Angga. User interface-nya juga apiiiik. Kapan aku bisa bikin program android bagus dan berguna gitu ya >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo belajar bikin program android kalau itu memang passionnya :)

      Delete
  11. Waah..luar biasa sekali. Terharu membacanya aplikasi yg sangat bermanfaat sehingga org2 dg keterbaasan tertentu bisa lbh mudah mengamalkan Al-Qur'an

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih, semoga bisa bermanfaat untuk yang membutuhkan :)

      Delete
  12. Semoga pengembangan aplikasinya jangan berhenti sampai wisuda saja yah harus terus ditingkatkan dan dibenah jika masih ada Bug nya :) ,, Amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin,, ini yang barusan kita diskusikan di kamar bersama angga dan teman-teman lainnya.

      Delete
  13. Angga? Eh, bukan saya. Cuma sama aja namanya.

    Masyaa Allah. Ladang pahala yang luas nih

    ReplyDelete
  14. Aplikasi berbasis android dengan teknologi audio dan sentuhan ini keren banget, Mas. Kalau dulu rata-rata HP menggunakan keypad, dimana tombol-tombol hurufnya bisa dihapal. Sekarang teknologi layar sentuh susah buat penyandang difabel. Kreatif.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya yang keypad mirip dengan program Komputer berpiranti Jaws

      Delete
  15. Harus coba install dulu biar tahu dalemannya. (c)

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo,, sekalian kalau ada saran dan masukan, syukur-syukur turut membantu untuk semakin bagusnya aplikasi ini. ya alhamdulillah :)

      Delete
  16. Kreatornya bakal dapat pahala yang tak ada putusnya, nih. Aplikasinya bisa lebih mendekatkan Disabilitas kepada Pintu Syurga. Semoga pemanfaatannya bisa maksimal dan sesuai. Coba instal, ah. Biar tau pengalamannya kayak gimana. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa dipasang aplikasi talkback di pengaturan aksestabilitas android dan dibaca tutorialnya ya...

      Delete
  17. salut buat temanny mas, bermanfaat ilmunya. semoga banyak yang mengikuti jejaknya.

    ReplyDelete
  18. MasyaAllah, salut sama aplikasinya deh
    semoga mendapat kebaikan dari niat baik untuk ummat ^_^
    @chikarein

    ReplyDelete
  19. kreatif sekali,, semoga bisa dikembangkan mjd lebih baik lagi
    @aleksdejavu

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin... menerima saran dan bantuan untuk pengembangan juga loh agar menjadi lebih baik :)

      Delete
  20. Waah, keren yah. Semoga bisa membantu para difabel yang lain dalam menghafal al quran

    ReplyDelete
  21. semoga aplikasi ini dapat memberikan dampak yang besar bagi mereka yang membutuhkanya dan semoga ktia semua tidak mengacuhkan keberadaan mereka dengan mengejeknya dan kita harus memberikan mereka semangat agar mereka dapat ditengah kita

    ReplyDelete
  22. wah ini skripsi proyek dunia akhirat. salut dan salam sukses sama temennya yg bikin itu. :)

    @f_nugroho

    ReplyDelete
  23. Keren ah mas Angga...TOP
    Semoga nanti bisa dikembangin full 30 juz, aamiin

    @Wawa_eN

    ReplyDelete
  24. Ikut liga blogger lg ya mas?
    Semangatt

    ReplyDelete
  25. Ikut liga blogger lg ya mas?
    Semangatt

    ReplyDelete
  26. Mas salam kenal, mas sy minta tolong info, ada gak santri yg difabel atau tunanetra yg sekarang masih menghapal Quran di yogya...klo ada boleh sy minta no kontaknya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nanti saat ke jogja lagi saya tanyakan ke saudara Angga. Sekarang masih liburan di kampung halaman di Nganjuk

      Delete

terimakasih ^_^