Monday, 22 February 2016

Menarik Sekali tema pekan ke 7 Liga Blogger Indonesia yakni  Review Profil Peserta LBI 2016. Di sini saya dituntut untuk menulis profil lawan duel saya pada pekan ini. Ngomong-ngomong menulis profil saya jadi ingat salah satu mata kuliah saya di S1 yakni Ilmu Rijalul Hadis. Pada mata kuliah ini mahasiswa fokus meneliti profil periwayat-periwayat dalam sanad suatu hadis (sanad: Rangkaian riwayat transmisi hadis dari Rasulullah hingga sampai kepada penulis hadis. Misalnya Bukhori atau Muslim). Dalam suatu hadis biasanya dalam satu jalur sanad saja terdiri beberapa periwayat hadis.  Misalnya, pada hadis menjelaskan keutamaan nikah yaitu sesungguhnya nikah merupakan sebuah fitrah sekaligus terhitung ibadah bagi yang melaksanakannya yang dikeluarkan oleh Al-Bukhori (An-Nikah:4677) atau oleh At-Tirmidzi (An-Nikah:1001). Nah dalam hadis ini At-Tirmidzi yang menulis hadis ini mendapat hadis ini dari   Mahmud bin Ghoilan, Sedangkan Mahmud bin Ghoilan mendapat hadis dari Muhammad, Muhammad medapat hadis dari Sofyan bin Sa’id, begitu seterusnya sampai pada Rasulullah. Nah di sana periwayat hadis satu persatu dijabarkan profilnya mulai dari siapa dia, bapaknya, karyanya apa saja, muridnya dan gurunya siapa saja, bagaimana sifat dan karakter periwayat tersebut. Sehingga dapat menentukan apakah periwayat ini benar-benar kredibel dalam meriwayatkan hadis atau tidak. Hehe ini sekedar pengantar, nah kali ini apakah menjabarkan seperti itu? Hehe sepertinya tidak. Ya saya mencoba memaparkan dari data-data yang saya peroleh mengenai lawan duel saya pekan ini.
Nah Lawa pekan Duel saya kali ini adalah


Ria Mustika Fasha

Ria Mustika Fasha bisa dipanggil Chika, Ria, Rei, lahir di Bengkulu, tahun 1990 silam, tinggal di Jl M. Hasan, Pasar Baru, Bengkulu. Ria adalah seorang ibu dari anaknya yang bernama Ubay sekaligus Blogger asal Bengkulu yang sekarang aktif sebagai peserta Liga Blogger Indonesia 2016. Ia penulis yang aktif menulis di beberapa Blog antara lain "Ria Fasha, Ketika Pikiran Berbicara" (hwww.riafasha.com)—blog  yang diikut sertakan di LBI 2016,  Penanti Hujan” (rainisrainbow.blogspot.com), “Puisi-Puisi Kita (puisipuisi-kita.blogspot.com).  Selain itu ia juga pernah menulis artikel di beberapa web seperti Kompasiana (www.kompasiana.com/riafasha) dan situs komunitas keuangan syariah (akucintakeuangansyariah.com/author/riafasha/). 
Putri sulung dari bapak Harlisman Fasha—sang penulis buku sastra yang berjudul “Aku Ingin Rebah di Peluk-Mu” selain blogger ia juga merupakan penyair muda yang meneruskan jejak ayahnya seperti yang tertuang dalam tarian jemarinya di dalam blog “Puisi-Puisi Kita” di atas. Tak main-main ia terjun di dunia seni sastra, bahkan sejak SMP ia sudah memberanikan diri untuk masuk di dunia sastra ini dengan bergabung di Teater Payung Panji SMP 1 Bengkulu.
Dalam dunia perbloggeran ia juga pernah menang dalam salah satu kompetisi blog, seperti meraih peringkat 3 besar dalam Lomba Menulis Resensi Seri Sayap Sakinah 2015.
Selain aktif di dunia tulis-menulis Mbak Ria juga aktif di dunia media sosial seperti facebook (www.facebook.com/riamfasha), twitter @chikarein dan youtube (Ria Mustika Fasha). 

Mungkin sekian sekilas tentang mbak Ria asal Bengkulu. Bisa ada yang perlu ditambahi dan direvisi mongga mbak ria langsung menghubungi saya.
sumber Gambar: http://www.riafasha.com/

Sumber: Kepo abis ke Mbah Gugel dengan kata kunci “Ria M Fasha” dan "Ria Mustika Fasha"
By Adibriza.

30 comments:

  1. wah detilnya, saya baru tahu tentang mba Ria di tulisan ini
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen lebih detil lebih bagus tanya ke mbak nya :)

      Delete
  2. Lengkap banget. Dari seluk beluk keluarganya segala

    ReplyDelete
  3. Lengkap sekali ini keponya muehehe. Dan mba Ria aktif banget ya jadi mbah gugel kenal :)

    @gemaulani

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbag gugel ngerti banget e. untuk validitas nunggu mbak ria mampir :)

      Delete
  4. Lengkap banget mas. Berbakat jadi stalker nih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhahahaha, duh bakat stalker i... heuheu...

      Delete
  5. kenapa juga ambil contohmya hadits keutamaan nikah? *oot*

    ReplyDelete
    Replies
    1. data yang sayya punya itu e,, hehe tapi fokusnya bukan ke hadisnya tapi rijal hadisnya. alias periwayat hadis yang berhubungan dengan menguak profil seorang tokoh. :)

      Delete
  6. Wah cari-cari di gugel juga toh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. injih e.. apadaya hanya bisa lewat gugel :D

      Delete
  7. Bahasan nya selalu detail dan lengkap. Keren. Nice review here. :) @ge1212y

    ReplyDelete
  8. LBI itu apa? Gw banyak ketinggalan berita sejak sering hempasss datang lagiiiii hempas datang lagiiiii

    ReplyDelete
  9. Aktif menulsi di KOmpasiana kayaknya. Tapi belum sempat sesapaan kalau di Kompasiana, maklum akunya pasif di sana, jarang apdet.

    @ririekayan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe apalagi saya hanya punya akun tapi jarang pegang. he

      Delete
  10. Baca pengantar diatas, saya pikir harus nyiapin kopi buat duduk membaca review mas adib, tapi syukurlah ternyata tidak serumit yang saya bayangkan. sebagaimana biasanya, mas Adib selalu ngasih bacaan yang detail namun mudah dipahami.

    @Leon_Sps

    ReplyDelete
  11. Oooo M-nya itu Mustika ya hehehe selama ini terkenal dengan Ria M. Fasha

    @amma_chemist

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih seperti itu mbak rahmah :)

      Delete
  12. Keren juga nih mbak Chikarein,,.... thanks juga untuk adibriza
    @rizalarz

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas, semoga bermanfaat he

      Delete
  13. Kutipan hadist nya terseling dia Ya,Dib. Biar cepet nikah hehehee...

    ReplyDelete
  14. Wah, sampe tau nama bapaknya, keren euy..
    @rin_mizsipoel

    ReplyDelete

terimakasih ^_^