Tuesday, 16 February 2016

Seiring kemajuan peradaban umat manusia, seluruh lini kehidupan tidak bisa dilepaskan dari penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi. Dunia pendidikan sebagai garda depan dalam usaha memajukan peradaban umat manusia harus bisa memetik manfaat positif dari penggunaan teknologi tersebut.  Oleh karena itu, civitas akademika seperti pelajar dan mahasiswa juga diharuskan mampu menguasai teknologi, secara umum dalah hal menulis lebih khususnya yang berkaitan dengan bidang dan keahlian masing-masing. Sehingga suatu saat nanti di dunia kerja dapat memanfaatkan teknologi sebagai media atau alat bantu dalam menyelesaikan pekerjaannya. 
Salah satu media teknologi yang menunjang sebagai wadah latihan,  mengembangkan, mewadahi bakat dalam menulis dan menunjang bagi kehidupan akademis  adalah blog di tengah berkembangnya media sosial yang semakin ramai, blog merupakan salah satu alternatif wadah untuk meluangkan hoby dan bakat menulis seseorang. Di Sekolah biasanya sudah di ajarkan bagaimana membuat blog. maka dari itu jangan hanya punya blog tapi mari kelola blog yang kita punya. 
Apa itu blog? 

Blog merupakan kependekan dari weblog, merupakan istilah pertama yang digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Disebut Weblog karena adanya komunitas website pribadi yang selalu diupdate dan di dalamnya juga link-link ke website lain yang menarik disertai dengan komentar-komentar dari user lain.
“Fenomena di Indonesia pada dunia online terus berkembang,  Google Trends menyebutkan bahwa hingga bulan Mei 2010 kebiasaan masyarakat Indonesia mulai beralih dari yang sekerdar mengunjungi website-website tertentu, menjadi suka menuliskan segala sesuatunya di blog pribadi mereka” – Eksotisnya dunia Blog
Saya pun memulai menulis di blog sejak tahun 2010

Mengapa Blog?

1.       Blog sebagai sarana untuk belajar menulis.
Sebagai pelajar tentunya kita tak asing dengan aktifitas menulis kan? Pernah menulis buku harian? Merangkai kata-kata yang indah, puisi, cerpen. Maka sebeneranya kita sejak dini sudah dibiasakan untuk menulis. Dari pada hanya menganggur tulisan yang telah susah payah ditulis, alangkah lebih baiknya dituangkan di dalam blog, bisa dibaca dan dinikmati oleh orang banyak. Menulis di Blog bisa dikatakan  sarana belajar bagi penulis.  Selain informasi kita juga sering menemui banyak jenis tulisan di blog seperti cerpen, puisi, tak jarang juga sebagai tempat curhat bagi sebagian orang. Mereka enjoy bisa menuangkan keluh kesah sampai berbagai pengalaman berharga bagi banyak orang.
Salah satu cara untuk mengekspresikan diri lebih dalam adalah melalui media blog. Blogger—sebutan untuk penggila blog—mengkeskperesikan  segala macam tulisan, uneg-uneg, kritik, motivasi, ajakan sampai tempat mencari pundi-pundi Rupiah.
Menarik, seru dan kreatif adalah hal yang sering kita jumpai di media blog ini. Yuk gabung, BE A BLOGGER  sekarang !.
2.       Blog bersahabat dengan mesin pencari
Setiap apa yang kita tulis di blog akan mempunyai alamat yang bersahabat dengan alat mesin pencari. Mekanisme kata kunci dalam blog juga sangat membantu dalam pencatatan ke mesin pencari. Beberapa pluggin dalam blog juga untuk blog agar konten di dalamnya dengan mudah direkam oleh mesin pencari. Dan kaitannya untuk mengembangkan bakat menulis dan berbagi tulisan yang menarik dan bermanfaat untuk banyak orang, fitur ini tentunya sangat diperlukan.

Blog Bersahabat dengan mesin pencari

3.       Bisa tampil di situs lain
Dengan adanya RSS (Really Simple Sindicate), kita bisa dengan mudah menampilkan blog yang dimiliki ke blog lain, media sosial seperti Facebook, Twitter dll. Umumnya orang lain akan menampilkan blog anda ke blog miliknya atau ke media sosial, jika informasi di dalam blog anda cukup menarik.  Kita juga bisa mempromosikan blog kita lewat media sosial yang kita punya.
memanfaatkan media sosial untuk share tulisan kita.

4.       Informasi bisa dikelompokkan
Agar memudahkan pengelompokan informasi, di Blog terdapat fasilitas untuk kategorisasi dalam penulisan sebuah artikel. Dengan adanya kategorisasi ini informasi di dalam blog akan mudah dicari, baik secara manual ataupun melalui fitur pencarian di dalam blog.  Dengan begitu, para pembaca di blog kita lebih mudah dalam mengakses informasi yang dituju.

Semua itu kelebihan dari Blog dibandingkan media sosial. Jadi lebih memilih mana menulis di media sosial atau menulis di blog terus membagikannya di media sosial? hehe
Beberapa tips langkah awal dalam menulis.
1.       Mulai dengan membaca
Salah satu faktor yang menghambat dalam kegiatan menulis adalah faktor internal yakni belum mempunyai kebiasaan/kegiatan membaca buku. Sehingga kesulitan mendapatkan bahan acuan (referensi) untuk menulis. Kebiasaan membaca buku bangsa Indonesia sekarang tergolong masih rendah. Kebiasaan ini seharusnya dimulai sejak dini, paling tidak sejak duduk di bangku SMA/SMK.  Kegiatan membaca buku sangat bernilai positif dalam menambah ilmu pengetahuan.
Berikut kewajiban siswa SMA membaca buku pertahun di beberapa negara (data tahun 2005):
Amerika                  : 32 judul buku
Belanda                   : 30 judul buku
Prancis                    : 30 judul buku
Swiss                       : 15 judul buku
Jepang                     : 15 judul buku
Indonesia                 : ? (tidak/belum ada data)
-Wisnu Arya  Wardhana, Menyingkap  Rahasia menjadi Penulis-
    Paling tidak kita bisa melihat pada diri kita masing-masing, berapa buku yang sudah kita baca setiap harinya, eh setiap bulannya atau setiap tahunnya. Maka dari itu langkah awal dalam menulis adalah dengan membaca dulu sehingga kita tidak akan kesulitan dalam mendapatkan bahan acuan dalam menulis.
2.       Tentukan topik
Langkah selanjutnya adalah menentukan topik atau terhadap apa yang ingin kita tulis. Untuk memudahkan kita mendapatkan tema tulisan tentunya  meruntut dengan tips sebelumnya kemauan dan kebiasaan membaca.  Artinya dengan dengan banyak membaca akan memudahkan kita menemukan topik atau tema bahan tulisan. Orang banyak membaca pada umumnya akan mempunyak banya gagasan yang dapat dituliskan menjadi satu tulisan.
3.       Mulailah menulis
Mulailah menulis sebisa kita, jangan menunda atau pun takut dalam memulai menulis. Satu kunci untuk menghasilkan sebuah karya tulisan “Jangan menjadi seorang yang perfeksionis” yang selalu menunggu bahwa tulisan kita belum bagus, belum sempurna. Ketika menyelesaikan sebuah tulisan, seketika itu ia menyadari betapa banyak kekurangan yang harus ia perbaiki dan ia tulis ulang. Dan ketika perbaikan sudah selesaikan maka kekurangan lain akan ditemukan lagi, begitu seterusnya. Makan tulisan kita tidak akan menjadi sebuah karya.
4.       Konsisten dan memotivasi diri
Konsistensi sangat penting dalam menulis, terus berkelanjutan. Semakin kita konsisten dalam menulis, maka semakin berkembang pula kemampuan kita dalam menulis. Karena sebuah proses untuk menjadi seorang yang profesional adalah dengan PROSES dari 0 dan mau memulai kemudian terus berkelanjutan. Bukan hasil dari tulisan kita yang berharga melainkan proses kita menulis.
Selain itu motivasi juga sangat diperlukan. Setidaknya ada 3 point besar sebagai motivasi kita dalam kita menulis:
a.       Ilmu pengetahuan yang dikuasi harus disebarkan pada masyarakat, penyebaran ilmu pengetahuan adalah ibadah.  Salah satu bentuk ibadah adalah menyampaikan ilmu yang kita peroleh. Selain itu, menyebarkan ilmu pengetahuan berarti ikut andil dalam menjadikan orang lain pandai.  Mulia bukan menulis itu?
b.      Ingat, menyembunyikan ilmu apalagi disertai dengan niat merahaisakannya adalah tindakan yang tidak baik bahkan ada yang bilang itu dosa. Maka adakah diantara kita yang mau menerima dosa hanya kerena malas menulis?
c.       Menyebarkan ilmu merupakan wujud syukur atas ilmu yang telah diberikan Tuhan Maha Mengetahui segala sesuatu. Bukankah kalau kita bersyukur Tuhan akan menambah nikmat yang Ia beri? Apakah kita tidak tertarik dengan kemurahan Tuhan ini? Ayo,  Tunggu apa lagi?


SELAMAT MENULIS DAN MENJADI BLOGGER.
Adibriza
Sumber:
Ridwan Sanjaya, Blog untuk Usaha Kecil dan Menengah
Cipta Halim. Eksotisnya dunia Blog
Wisnu Arya Wardana dan Ardi Suryo  Ardianto, Menyingkap Rahasia Menjadi Penulis

49 comments:

  1. Replies
    1. saling melengkapi dengan tulisan peserta lainnya mbak :)

      Delete
  2. o itu guna blog buat remaja
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat untuk melatih orang dalam menulis, itulah gunanya blog

    ReplyDelete
  4. Bener bro, harus banyak membaca dulu - dari sumber mana aja supaya jadi refensi info dan kosa kata. Kemudian no 3 memulai, seraparghrap dulu gpp juga sih.
    @rizalarz

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya separagraf lebih bagus dari pada sekalimat ya,, :D

      Delete
  5. lengkap sangat.... terimakasih pencerahannya..
    yang ku petik..adalah tujuan ibadah dan berbagi ilmu..sip..sip...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sami-sami nggih, iya. dimulai dari niat. :)

      Delete
  6. cie pas diketik agenda Nganjuk jadi yang pertama, cie.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya... sesuatu. *pose syahroni :))

      Delete
  7. Ulasannya lengkap
    Semoga makin banyak yang tahu dan au ngeBLOG

    @amma_chemist

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya amin. semoga makin banyak dan mau ngeBlog. masak cuma emak-emak yang ramai ngeblog :P

      Delete
  8. Mungkin karena generasi muda sekarang ini lebih suka sama sesuatu yang praktis. Semacam nulis status di facebook, nge-tweet, dan belum telaten bikin tulisan panjang a la blog kali ya, Mas. Padahal manfaat blog lebih banyak ketimbang media sosial semacam itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal tulisan di media sosial susah loh nampang di search engine. ya mungkin lebih suka yang praktis kali ya mbak.

      Delete
  9. Salut. Lengkap sekali infonya. Baru tahu RSS itu. Sayangnya syarat baca buku ini yang susah hehe... Two thumbs up
    @ge1212y

    ReplyDelete
  10. di google kalau ada kata kunci blog+nganjuk lamannya mas adi pasti nongol duluan :-)
    bener kata mas asmari, nganjuk harus berterimakasih banyak sama mas adi.

    terkait isi postingan.
    sebenernya yang ditulis sama mas adi ini ga cuma berguna untuk pelajar atau mereka yang baru mulai ngeblog.

    bahkan untuk kita pun akan sangat bermanfaat.

    Terimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih apresiasinya mas andika. :)

      Delete
  11. Wuah, panjang banget tulisannya, lengkip!

    Iya bener, kekonsistenan juga perlu ya :)

    @umimarfa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo istiqamah insyaAllah berkah. :)

      Delete
  12. Lengkap sekali :) aku sukanya sih tulisan bisa dikelompokkan. Setuju kuncinya adalah memulai menulis. kalau gak nulis-nulis ya nggak akan pernah jadi.

    @gemaulani

    ReplyDelete
  13. minat baca berbanding lurus dengan minat menulis mas.

    duluuu waktu masih baca koran saya betah baca buku. setelah baca koran online saya baca bukunya loncat-loncat. segala macam preambule di-skip. to the point. rupanya tergerus oleh keinstanan berita online. trus ke mana intelektualitas saya? *halahhhh*

    jadi kalau dari muda sudah susah baca yang panjang-panjang, bisa jadi karena sudah terkondisikan dengan yang serba to the point. sehingga wajar kalau yang digemari adalah yang pendek visualisasinya. sekali lihat paham. macam meme itulah. tapi juga butuh kecerdasan tersendiri utk memahami meme apalagi mbikinnya.

    intinya semua ada plus-minusnya. cuma bahayanya bisa jadi ada missing link di antara generasi terdahulu dengan penerusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal biasanya memahami buku secara garis besar ada di pendahuluan dan kesimpulan loh mbak hehe. kalo kritik dan saran buku kadang di kata pengantar dari tokoh dan si penulis buku.

      Delete
  14. dulu waktu masih jadi pelajar belum paham itu blog, setlah jadi mahasiswa otodidak belajar ngeblog karena pengen tahu,, karena dikampus juga gk adipelajari..

    akhirnya terjebak dalam dunia blogging,, haha *Ngomong apasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama loh mas, saya sekolah masih belum paham komputer malahan. cuma paham word untuk surat menyurat organisasi. nyimpen data masih di disket. haha
      ngerti blog sejak awal kuliah. 2009 kuliah 2010 baru kenal blog. mulai sejak punya laptop sih. hehe

      Delete
  15. Apa???
    Pundi Pundi Rupiah???

    Mata melotot, kuping langsung lancip dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masalah itu tanya yang barusan komentar di atas mbak itu. mas Rudi. Ahlinya tuh kalo masalah pundi-pundi dollar :D

      Delete
  16. saya sih dari dulu emang pasionnya menulis dan nyatanya emang suka ngeblog. Semoga saja menjadi kebiasaan menular baik pada anak2 saya tercinta nantinya. AMiiin.

    @cputriarty

    ReplyDelete
  17. wah memang keren tulisan sampean mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih pak, tulisan pak guru didno apalagi. :)

      Delete
  18. hitung2 sebagai belajar menulis. bagus tuh.

    ReplyDelete
  19. Bagi guru IT, blog sangat penting. Mereka tinggal kasih tugas ke murid, dan dikerjakan di blog. Guru tinggal menilai hasil tugas mereka dari kejauhan. Lebih efektif sebetulnya. Tinggal muridnya ini, mau nggak meneruskan blognya, kebanyakan udah lulus ditinggal haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe berarti memang tergantung muridnya ya.. niat mau ngelola dan menulis di blog atau tidak.

      Delete
  20. Kayaknya diriku aja masih jauh dari hal2 di atas :D

    @f_nugroho

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah masak, aslinya deket tapi ngerasa jauh :P

      Delete
  21. semoga ke depan makin banyak orang ngeblog ya mas, nggak cuma pelajar, tapi dari segala kalangan :)

    @QuelleIdee07

    ReplyDelete
  22. semoga ke depan makin banyak orang ngeblog ya mas, nggak cuma pelajar, tapi dari segala kalangan :)

    @QuelleIdee07

    ReplyDelete
  23. terkadang sangat sulit menentukan topik tulisan dan tentu saja, mau dibawa kemana si tulisan, hmmm
    @rin_mizsipoel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Topik terkadang bisa datang dari mana saja mbak, misalnya melamun, pengalaman pribadi, fenomena kejadian bahkan mimpi namun pengembangannya yang kadang menghambat. Paling efektif ketika udah dapet topik langsung cari penunjang, seperti baca buku, mengingat pengalaman yang terkait topik, tanya-tanya temen (wawancara) dll. :)

      Delete
  24. kadang ngiri dgn pelajar skrg, ada blog utk menyalurkan hobi menulis dan berjejaring scr positif dengan lebih luas. Jamanku sekolah, belajar komputer, satu PC utk 1 kelas.

    @ririekayan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, tak kasih tau ya mbak, saya bisa komputer secara utuh (tanpa minta bantuan orang) semenjak punya laptop awal kuliah. sebelumnya. zoonk :D

      Delete
  25. Saya nge blog dr 2008, oke senioran saya tapi lebih terkenal sampeyan sepertinya. Hahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ada ada aja sampean mas. btw soal mode dan fashion, sampean paling handal dah hehe

      Delete

terimakasih ^_^