Monday, 15 February 2016

Berikut beberapa destinasi wisata di Nganjuk—yang terdiri dari wisata alam, wisata budaya, wisata religi, wisata kuliner maupun wisata buatan—, potensi produk unggulan dan keindahan pesona alam yang ada di Nganjuk yang dibingkai dalam sebuah video karya OAK PICTURE yang baru-baru ini di publish di YouTube:
1.      Pesona Milky Way
Di kala cuaca cerah di Nganjuk masih bisa buat hunting milkyway. Ada beberapa tempat yang strategis buat hunting milkyway di Nganjuk. Seperti di daerah Pegunungan Wilis Sawahan Nganjuk dan juga di daerah Waduk Perning Jatikalen, seperti yang pernah dilakukan mas Ndop—blogger dari Nganjuk—dan kawan-kawannya. Klik
2.      Pesona Air Terjun Sedudo
3.      Pesona Air Terjun Singokromo
4.      Keindahan alam perbukitan di Gunung Wilis di daerah kecamatan Sawahan dan sekitarnya.
5.      Persawahan di yang membentang luas yang di belah dengan perlintasan kereta Api, Madiun-Surabaya.
6.      Kota yang Asri
7.      Pesona Wisata Candi Lor, candi peninggalan empu Senduk yang dengan bahan batu bata, cuga sering disebut Candi Boto.
8.      Ritual Siraman di Air Terjun Sedudo di setiap tanggal 1 Suro (Penanggalan Jawa), diiringi dengan musik Gamelan Jawa dan Tembang yang dilantunkan oleh para Waranggana.
9.      Agrowisata Bunga Mawar Merah / Agrowisata Ganter Sawahan di Ds Ngliman Kecamatan Sawahan beserta produk unggulannya selain dibuat sebagai minyak astiri bunga mawar merah, juga dibuat Sari Bunga Mawar Merah, Sirup minuman yang terbuat dari bunga mawar merah.
10.  Alun-alun Nganjuk yang berada di tangah kota Nganjuk.
11.  Museum Anjuk Ladang yang terletak di Jl. Gatot Subroto, Sebelah timur terminal Anjuk Ladang, Kota Nganjuk. Tempat menyimpan prasasti anjuk ladang dan benda bersejarah di Nganjuk.
12.  Wisata Kuliner Nasi Becek, yang selalu bikin orang penasaran tentang kuliner yang satu ini. Nasi Becek merupakan campuran dari gulai dan sate kambing yang diguyurkan pada semangkuk nasi putih sihingga nampak ‘becek’ dengan aroma yang menggugah selera makan.
13.  Pesona Air Merambat Rorokuning beserta keindahan alam sekitarnya. Selain keindahan air merambat ada juga taman bunga, kolam renang dan penangkaran rusa.
14.  Goa Margo Tresno yang terletak Ds Sugihwaras, Kecamatan Ngluyu. Sekitar 35 km dari arah utara Kota Nganjuk dengan panorama perbukitan yang sejuk, rindang, indah nan alami. Di samping goa juga ada sendang (Sumber Air) Ubalan yang dipakai pengairan warga sekitar dan juga dilengkapi dengan sarana rekreasi kolam renang.
15.  Persawahan di lereng wilis
16.  Candi Ngetos, di Kecamatan Ngetos, Nganjuk.
17.   Kerajinan Gamelan dan miniaturnya di Ds Jatirejo, Kecamatan Loceret yang hasilnya mampu menembus pasar hingga keluar Jawa.
18.   Kerajinan Batik. Industri Batik dan Tenun banyak bermunculan di Nganjuk dengan inovasi baru misalnya Batik Khas Nganjuk dengan motif Anjuk Ladang yang berada di Perumnas Candirejo, Loceret Nganjuk.
19.  Wayang Timlong , Wayang seperti wayang kulit namun berbeda Wayang Timlong terbuat dari Dario kayu bentuknya pipih dan tangannya terbuat dari kulit. Kesenian ini ciptaan mbah Boncol kesenian dari Ds Jetis Kecamatan Pace, Nganjuk. Selain itu di Nganjuk juga ada pengrajin wayang kulit yang terbuat dari kulit kambing dan kerbau di Ds Gandu, Kecamaan Bagor Nganjuk, 5 km barat  barat kota Nganjuk. Produk ini pernah dikirim ke Kaledonia Baru dan Prancis.
20.  Kantor Deskranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) yang terletak di Jl. Basuki Rahmat, Kota Nganjuk (Sebelah Utara Kantor DPRD Nganjuk). Yang dipamerkan di Deskranada antara lain, batik tenun, Wayang Timlong, Wayang Gandhu dan aneka produk Unggulan Nganjuk.
21.   The Legend Waterpark Kertosono. Objek wisata air yang dilengkapi dengan berbagai wahana Air seperti, Racing Slide, Spiral Slide, kolam ombak dan masih banyak lainnya. Wisata ini berada di kecamatan Kertosono Jl. Surabaya – Solo, 5 Km arah barat Kertosono.
22.  Klenteng Hok Yoe Kiong di di Desa Sukomoro, Kecamatan Sukomoro yang berada di Jl Surabaya – Solo.
23.  Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis yang terletak di Ds Bajulan, Kecamatan Loceret Nganjuk.
24.  Masjid Jami’ Kabupaten Nganjuk
25.  Masjid Al-Mubarok, Masjid bersejarah di Kecamatan Berbek yang didirikan oleh Bupati Pertama Nganjuk, KRT Sosro Koesoemo atau Kanjeng Jimat tahun 1745.
26.   Selain itu juga ada wisata kuliner “modern” juga seperti mulai banyaknya tempat makan bernunasa kafe-kafe ala anak-anak masa kini.

Semuanya yang saya tulis di atas tidak akan bias anda lihat kecuali setelah melihat ini dibingkai dalam sebuah video bertajuk “The Enchanting Nganjuk” karya dari OAK PICTURE. Lets check it out
Ini masih sebagian pesona alam dan wisata di Nganjuk, masih ada beberapa lagi potensi wisata di Nganjuk yang masih perlu dicover, seperti di daerah Kecamatan Godang, Lengkong, Jatikalen dan produk unggulan bawang merah Di Kecamatan Bagor, Rejoso, Gondang dan Sukomoro.
Proud to be “Wong Nganjuk”.
Adibriza 

12 comments:

  1. sik, sik mas. mawar merah? itu sepanjang tahun? wah jadi mbayangin selpie di situ

    ReplyDelete
  2. Iya mbak. Kebun mawar merah. :)

    ReplyDelete
  3. aku baru tahu di Nganjuk ada candi juga :) pasti indah banget liat bunga mawar merah yang bermekaran banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada dua candi. tapi beberapa saat kemaren baru ditemukan lagi satu candi.

      Delete
  4. Waaah keren, ah. Bikin mata seger.. :)

    ReplyDelete
  5. Waahh..asyiknya, nganjuk itu potensi wisatanya banyak dan menarik ya

    @siethi_nurjanah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak banyak potensi wisatanya :)

      Delete
  6. Objek wisatanya banyak yah. Asik tuh kalau bisa ngeliput semuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. butuh beberapa hari buat ngeliput semuanya. hehe

      Delete
  7. Nganjuk kui sejarahe apik banget. Kerajaan sing lumayan senior (tertua) se Indonesia. Eh, Kerajaan tertua di Indonesia itu opo ya? Intine nek dibanding Jogja, Nganjuk khan lebih tua dan lebih senior. Hehehehe.

    Btw, videone apik banget. Cuman sayange becek e kudune sing Pojok. Sing ndik video kui kurang enak. HAHAHAH

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mas, mungkin mewakili semua bakul sego becek mas, negak nyari enggel sing bagus :D

      Delete

terimakasih ^_^