Wednesday, 16 March 2016


MasyaAllah tak terasa sudah 10 pekan bersama Liga Blogger Indonesia, tapi tak kunjung naik peringkatnya. Tapi tak apalah entah faktor apa yang bikin merosot, bejo-bejan atau faktor x ya yasudahlah saja. 

Pekan ke 10 kali ini panitia LBI mengangkat tema Undangan Blogger. Mendengar kata "Mengundang" tentunya sarat akan kepentingan. Begitu juga mengundang blogger dalam sebuah event, pastinya ada pesan yang ingin disampaikan dan ada kepentingan yang ingin di utarakan kepada blogger. Mengundang seseorang, berarti orang yang diundang itu dirasa mempunyai peran yang penting dalam hal tertentu kaitannya dengan suatu acara atau event. begitu pula saat mengundang blogger. Dalam tulisan ini saya ingin mencoba sharing perihal tersebut dari beberapa pengalaman saya.

Saya terjun mulai menulis di blog ini sejak 2010 tentu ada beberapa pengalaman tentang event yang melibatkan blogger sebagai peserta di acara tersebut. Saya pribadi termasuk yang jarang ikut event seperti itu, namun pernah sesekali.  Seperti pada tahun 2013 ada bersama salah seorang tokoh politikus, entah dalam rangka kampanye terselubung atau lainnya. tapi saya menikmati dalam event tersebut. Terlebih ketika mendapat hadiah karena menang entah juara ke berapa saya lupa dari lomba nulis blog yang diadakan oleh panitia acara tersebut.  Di tahun yang sama tentu ada acara temu Blogger Nusantara tentu banyak lah di antara peserta LBI yang tau tentang event ini dan ada beberapa event lainnya.

Namun tidak semua undangan event tersebut dapat diprioritaskan, saya pribadi saat mengikuti lomba SEO--meskipun hanya mencoba untuk ikut lebih tepatnya ikut menyemarakkan--suatu produk makanan restoran di Jogja, pesertanya mendapatkan undangan untuk review makanan di restoran tersebut dengan mendapat kesempatan makan gratis berbagai menu spesial di restoran itu. sayangnya saya tidak bisa mengikutinya karena ada acara yang lebih saya prioritaskan, kalau tidak salah saat itu saya sedang ikut menjadi relawan Panitia Kelas Inspirasi Nganjuk. 

Sebenarnya mengundang blogger dalam suatu event itu bagus, kaitannya dengan event bisnis, blogger itu salah satu komponen  penggerak bisnis online. misalnya dengan mengundang blogger (dari komunitas manapun atau perorangan) dalam rangka mempromosikan suatu produk (makanan dan lainnya) dengan menulis di blog secara otomatis blogger telah memberi sumbangsih promosi di dunia internet. Seperti yang dulu pernah saya bahas bahwa blog merupakan media yang ramah terhadap search engine dibandingkan dengan media sosial seperti fb dll, blog lebih unggul. 

Sedangkan dalam konteks acara semacam seminar atau diskusi blogger juga sangat berguna, menimbang kemampuan dan pengalaman berkecimpung di dunia blog dari para blogger tentunya berbeda dan beragam. Tiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya, maka dari itu sharing antar blogger (komunitas ataupun individu) dirasa sangat urgen. Misalnya, Bagaimana menimba ilmu menulis, ilmu SEO dan Adsense yang erat kaitanya dengan dunia perbloggeran tentu tak akan di dapat tanpa diskusi dan sharing bersama.

30 comments:

  1. Ngeblognya udah lama yaa, Mas... heheh

    ReplyDelete
  2. ya betul seo bukan didapat dari diskusi
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah mudah-mudahan peringkatnya semakin naik :)

    ReplyDelete
  4. Wah itu kesempatan makan gratis, asyik banget kayaknya... :)
    Semangat
    @ge1212y

    ReplyDelete
  5. sering mupeng kalo liat teman2 ngehadiri undangan
    yah disini bisa nikmati aja tulisannya hehee ;-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nikmati segala sesuatunya aja mbak he

      Delete
  6. Dateng ke undangan blogger juga bikin banyak temen! :D


    @khoirinaannisa

    ReplyDelete
  7. 2010? waaahh aku aja ngeblog 2012..aktifnya 2015..hihi
    :-) :-)

    ReplyDelete
  8. Perlu mengundang blogger? Perluuuu banget

    ReplyDelete
  9. Saya peserta BN yang alhamdulillah gak pernah absen di event tersebut. BN 2011, 2012 dan 2013. BN2011 paling berkesan karena dari event tersebut saya bertemu jodoh dan juga kemenangan tak terlupakan lewat kompetisi blog setelahnya.

    Dan semoga tahun ini benar terwujud BN2016. *lirik-lirik SC dan OC*

    @amma_chemist

    ReplyDelete
  10. Saya sempat ikut BN13
    Kini blogger semakin diperhitungkan dan dipercaya utk publisher dari beberapa brand

    ReplyDelete
  11. ah, diskusi antar blogger emang sangat amat diperlukan. tapi sekarang banyak undangan untuk sebuah brand, jarang banget undangan untuk diskusi. hehe terkecuali satu komunitas tertetnu yang berniat mengadakan diskusi tsb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat undangan sendiri hehe buat ngundang blogger.

      Delete
  12. Waah ternyata mas Adib sudah aktif dari tahun 2010. Keren :)

    @gemaulani

    ReplyDelete
  13. wiih banyak acar akeren rupanya mau ikuuutt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dipantengin di medsos komunitas blogger terdekat. Nah coba mulai ikut mbak

      Delete
  14. =p~ sama kita mulai dari 2010, peringkat gak naik naik juga sama ha ha
    @rizalarz

    ReplyDelete
  15. Peringkat, mas? Hm.. (p)
    iya memang bagus, sekali-kali rasanya juga pengen ikut gitu. :)

    @epatyci16

    ReplyDelete

terimakasih ^_^