Tuesday, 22 March 2016

Sumber: Website Dinas Pariwisata Nganjuk
Berbicara tentang oleh-oleh suatu daerah tentunya tak jauh dari produk-produk unggulan dari daerah tersebut. Begitu pula ketika membahas tentang oleh-oleh khas dari Nganjuk maka pastinya saya akan memperkenalkan dulu produk unggulan yang ada di Nganjuk dan bisa dijadikan oleh-oleh.
Nah berikut beberapa produk Unggulan Nganjuk.

1. Kerajinan Wayang Kulit
Tentunya sebagai warga Indonesia tak asing bahkan mendarah daging dengan istilah wayang kulit. Kabupaten Nganjuk sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur dengan beragam seni dan budaya juga mempunyai produksi unggulan berupa kerajinan wayang kulit. Pusat kerajinan ini terletak di Ds Gandu, Kec. Bagor,  kurang lebih 5 Km barat kota Nganjuk. Bahan baku dari kerajinan ini berasal dari kulit kambing dan kulit kerbau. Adanya kerajinan ini sekaligus memajukan apresiasi seni wayang di Kabupaten Nganjuk. Pada tahun 1996 produk ini pernah dikirim ke luar negeri seperti Perancis dan Kaledonia Baru.

kerajinan wayang kulit dari Nganjuk
Sumber: Booklet Pesona Wisata Nganjuk
 2. Kerajinan Gamelan
Selain kerajinan wayang kulit, di Kabupaten Nganjuk juga ada kerajinan yang sarat akan seni budaya Nusantara yakni Kerajinan Gamelan. Produk kerajinan gamelan ini berupa alat musik gamelan berikut miniaturnya  yang bisa dijadikan oleh-oleh. Gamelan dan miniaturnya terbuat dari kuningan dan besi.  Salah satu sentra pembuatannya yakni Mustika Laras yang berada di Desa Jatirejo, Kecamatan Loceret Nganjuk. Hasil dari produksi ini menembus pasar di luar jawa seperti Sumatera dan Kalimantan

Pengrajin Gamelan di Nganjuk
Sumber: Booklet Pesona Wisata Nganjuk

 3. Batik dan Tenun
Industri batik dan tenun banyak bermunculan di Kabupaten Nganjuk. Nah salah satu batik khas dari Nganjuk ialah batik motif Anjuk Ladang selain itu juga ada batik-batik Nusantara. Salah satu pengrajin batik ini berada di Perumnas Candirejo, Kecamatan Loceret kabupaten Nganjuk. Saya sendiri pernah diajak ke sini bersama teman-teman untuk melihat produk-produk unggulan ini.  Sementara untuk produksi tenun banyak terdapat pengrajinnya di kecamatan Prambon, di sana juga ada pengrajin tenun khas Nganjuk.

Pengrajin Batik dan Tenun di Nganjuk
Sumber: Booklet Pesona Wisata Nganjuk
4. Industri Suttlecock
Indonesia tentu bangga dengan prestasi para atlit bulutangkis yang kian mendunia, di belakang itu tidak boleh dilupakan banyak orang-orang yang turut andil berjasa dalam penyedia alat-alat dalam olah raga tersebut, salah satunya dalah suttlecock. Di kabupaten Nganjuk banyak sekali unit usaha pembuatan suttlecock yang sebagian besar berada di Desa Payaman, Kecamatan Kota Nganjuk; Desa Tanjungrajo, Kecamatan Loceret dan Sentra Industri di Desa Sumengko Kecamatan Sukomoro. Hasil produksinya pertahun bisa mencapai kurang lebih 216.000 dos. Industri ini sendiri merupakan Industri Rumah Tangga yang menjadi salah satu andalah Kabupaten Nganjuk.
salah satu produk Unggulan Nganjuk adalah Suttlecock
Sumber: Booklet Pesona Wisata Nganjuk
5. Secang
Minuman tradisional yang sering juga disebut dengan “Wedang Secang” ini sebenarnya sudah sering diliput di TV Nasioal tapi sayangnya saya berlum pernah mengabadikannya (merekam). Minuman tradisional ini terbuat dari bahan alami yang merupakan olahan kulit pohon Caesapinia Sappan atau sering disebut dengan SECANG yang dicampur dengan jahe serta kapulogo.  Minuman berwarna merah ini bermanfaat sebagai minuman penghangat tubuh, sangat cocok diminum ketika angin berhebus kencang di “Kota Angin” yang dingin ini. Minuman berupa sirup ini dulu populer di kalangan Bangsawan. Produk ini dibuat oleh Ibu Muryati yang beralamat di Jl. Letjen Sudibyo, Kota Nganjuk, Nganjuk.
Sirup secang, produksi asli Nganjuk, cocok diseduh saat cuaca dingin
Sumber: Booklet Pesona Wisata Nganjuk
6. Sari Bunga Mawar Merah
Di kabupaten Nganjuk terdapat kebun Bunga Mawar Merah yang begitu Indah, kebun ini terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan dekat dengan lokasi wisata Air Terjun Sedudo. Menurut data dari Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk tahun 2010, Desa Ngliman disebutkan mampu menghasilkan bunga mawar hingga 500-1000 Kilogram perharinya. Kwalitas mawar hasil kebun di Desa Ngliman ini termasuk terbaik di antara budidaya bunga mawar lainnya. Selain dipasarkan ke luar daerah, hasil perkebunan ini juga diolah oleh masyarakat setempat menjadi minyak atsiri bunga mawar maupun olahan minuman Sari Bunga Mawar Merah. Kebun-kebun mawar ini dapat ditemui di sepanjang perjalanan menuju objek wisata Air Terjun Sedudo, di pematang-pematang kebun sebagai pagar pembatas lahan ataupun dibudidayakan di suatu lahan khusus.
Sari Bunga Mawar Merah yang dijadikan minuman
Sumber: Booklet Pesona Wisata Nganjuk
7. Bawang Merah
Bawang Merah alias Brambang merupakan tanaman agrobisnis dan sebagai salah satu komoditas unggulan Kabupaten Nganjuk. Luas area produktif tanaman ini 4416 petak sawah yang tersebar di 14 kecamatan dengan produksi mencapai 45 ribu ton pertahun. Kecamatan Sukomoro dan Rejoso merupakan pusat produksi banwang merah di Kabupaten Nganjuk yang dipasarkan hingga ke luar daerah baik di Jawa Timur , Jawa Tengah, Jakarta bahkan sampai ke luar pulau. Sekarang pun sudah banyak produk olahan bawang merah yang ada di Kabupaten Nganjuk, seperti bawang goreng, sambal bawang merah dll. Saya pribadi juga sering bawa bawang merah buat persediaan masak saat di Jogja. Lumayan bawa gratis dari rumah.

jarang-jarang kan bawa oleh-oleh ginian, lumayan buat masak tiap hari
Sumber: Dukumentasi Pribadi
Nah Semua produk Unggulan tersebut tidak hanya bisa anda  peroleh langsung mendatangi produsennya tetapi itu semua bisa anda dapatkan di DEKRANASDA. Dekranasda merupakan akronim dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah yang terletak di Jl. Basuki Rahmat, Kota Nganjuk, Kabupaten Nganjuk (Tepat di Utara Kantor DPRD Nganjuk). Di Kantor Dekranasda ini dipamerkan kerajinan daerah seperti batik, tenun, wayang timplong, watang kulit dan aneka produk unggulan Nganjuk yang bisa dijadikan oleh-oleh. 
salah satu sudut Deskransda Nganjuk sumber: website Dinas pariwisata Nganjuk

Sumber:
- Booklet “Pesona Wisata Nganjuk”, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Daerah Kabupaten Nganjuk.
- Website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Daerah Kabupaten Nganjuk http://www.eastjava.com/tourism/nganjuk/
- Dokumentasi Pribadi

 by AdibRiza

37 comments:

  1. oh baru tahu saya kalo itu oleh oleh dari korlta Nganjuk
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Aku mau bataik dan tenunnya nganjuk, Mas... biasanya berapaa, Mas?

    @witri_nduz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nanti tak tanya temenku mbak.

      Delete
  3. kok aku jadi kepikiran buat saling tukeran oleh-oleh khas kota kita tinggal ya, hehhehee..
    pengen ngerasain wedang secang, itu berarti kayak bandrek ya mas, manfaatnya buat menghangatkan badan :)

    @Penovediah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mirip2 bandrek, bahannya aja yg berbeda

      Delete
  4. Satu lagi, kaset lagu alun-alun Nganjuk :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku wes pernah ketemu, ngobrol2 sama penyanyi asline Wkwk

      Delete
  5. Lengkap, ada miniatur gamelan ga ya? Hehe..
    Menarik ulasannya.
    @ge1212y

    ReplyDelete
  6. penasaran sama secang, sayang ngga ada gambarnya. baru tahu kalau industri suttlecock ada di Nganjuk :)

    @gemaulani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah ada gambarnya per item. Hehehe
      Industri suttlecook ada di 3 kecamatan di Nganjuk. Lumayan banyak

      Delete
  7. Itulah Indonesia kaya akan keanekaragamannya.

    ReplyDelete
  8. kalo aku naksir ama wayang nya
    dari dulu kepengen banget ngoleksi wayang
    tapi belum kesampean

    ReplyDelete
  9. Aku pilih bawang merah.

    *dasar emak-emak yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pilih itu, apalagi gratis wkwk

      Delete
  10. pengen minum sari bunga mawar deh.. manatahu jadi wangi sepanjang hari asiik

    ReplyDelete
  11. Kalo saya di Kertosono suka menemukan hal ini di Toko Kuning :)

    @amma_chemist

    ReplyDelete
  12. Nganjuk di dominasi oleh-olehnya souvenir ya
    kental sekali akan seni budaya

    @siethi_nurjanah

    ReplyDelete
  13. Dekranas di setiap daerah ada program ini. Klo di sleman, Dekranas di dominasi batik.

    @ririekhayan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batik dan kerajinan tangan lainnya

      Delete
  14. Sederhana tapi bagus dan bersih ya tempatnya.

    ReplyDelete
  15. bagus-bagus...
    ada bunga mawar dijadiin minuman. Rasanya kek apa yah?
    Adanya cuma di nganjuk yak..
    kapan gue ke sananya yah.. :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmn kayak ada manis Manisnya. . Hehehe

      Hayoo kapan ke Nganjuk. He

      Delete
  16. admin, ane kan baru pertama di mageta, jadi akses ke nganjuk naik apa min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terminal maospati, naek bis jurusan sby turun Nganjuk.

      Delete
  17. Kudune oleh oleh Nganjuk itu punya akun sosial media yg lengkap mulai twitter instagram facebook, so, nek disearch ki gampang. Mosok cah cah ki takone ning aku loh. Dikirone aku iku duta pariwisata yaaa.. Eh, kangmas Mbakyu pun ya gak ada yg akun IGnya memromosikan nganjuk. Wis jian mbuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampean memang "duta pariwisata" secara kultural mas... banyak tulisan sampean tentang informasi wisata nganjuk yang ciamik :D

      Delete
  18. Mas. Iki gone nang bagian ndi yaa,,aku asli cah Nganjuk tapi anak rumahan alias gak tau metu ..dadi gak ngerti gone nang ndi?
    Matursuwun informasine :)

    ReplyDelete

terimakasih ^_^