Friday, 30 March 2018

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan bahwa pengguna internet di Indonesia kini mencapai 63 juta orang, 95 persen dari angka tersebut menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Pengguna media sosial terbanyak masih pada pengguna jejaring sosial facebook yang berjumlah 65 juta pengguna dan 33 juta pengguna aktif setiap harinya. Sungguh angka yang tidak sedikit. Maka dari itu sangat perlu bila dipaparkan bagaimana tips menggunakan media sosial yang baik.

Berikut ini tiga tips menggunakan media sosial versi buku "Bijak Bersosmed" yang terbit tahun 2017. Apa saja 3 tips bersosmed tersebut.

Pertama, Sesuaikan penggunaan media sosial dengan kebutuhan atau minat. Misalkan bila anda hoby di dunia fotografi, maka media sosial yang cocok digunakan adalah instagram, kemudian bila hoby anda vlogging atau sejenisnya yang terjun di dunia videografi maka youtube jawaban yang tepat untuk menyalurkan sharing dari hasil hoby anda tersebut. Begitu pula yang memiliki bisnis dapat dengan menggunakan fans page pada facebook.

Kedua, Batasi penggunaan media sosial, hal ini bertujuan agar media sosial tidak menjadi candu bagi penggunanya. Bagaimana cara membatasi penggunaan media sosial? dengan cara menjadwalkan penggunaan media sosial pada waktu tertentu. Di samping itu, dengan menjadwalkan penggunaan media sosial menjadikan kita lebih produktif dan fokus dalam penggunaan waktu kita.

Ketiga, Apabila penggunaan media sosial sudah terlanjur menjadi candu, maka coba alokasikan waktumu untuk kegiatan lainnya, seperti mengajak teman bermain, jalan-jalan ke museum, atau salurkan kepada hobimu lainnya, misalkan masak, membaca buku dll. Dengan begitu kamu tidak akan kehilangan waktumu untuk aktivitas lain yang lebih penting.

Kutipan pesan pak Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika RI
Jika digunakan dengan benar, media sosial dan teknologi digital akan menjadi berkah bagi bangsa Indonesia, bisa mempererat silaturahmi dan mempersatukan warganet dari Sabang sampai Merauke. Karena itu jangan sampai ada konten negatif di dalamnya. Penuhi dengan hal-hal yang berguna. Bagikan hanya informasi yang telah kita saring kebenaran dan manfaatnya. Jangan sampai jempol kita lebih cepat daripada pikiran saat berhadapan dengan media sosial.
Yuk #BijakBersosmed

Semoga bermanfaat.
Sumber: Buku "Bijak bersosmed, tips dan informasi Gerakan #BijakBersosmed 2017"

0 comments:

Post a Comment

terimakasih ^_^