Monday, 16 April 2018

Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan para pelajar Indonesia untuk melanjutkan jenjang perkuliahan. Di sini dari berbagai penjuru kota terdapat banyak kampus ternama seperti Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga dan masih banyak lagi kampus-kampus besar lainnya. Minat para pelajar melanjutkan ke jenjang universitas di Jogja berbanding lurus dengan kebutuhan mereka dalam mencari tempat tinggal yang kondusif dan mendukung dalam studinya. Kalangan santri yang ingin menjadi mahasantri (mahasiswa sekaligus santri) tentu akan banyak memilih pesantren sebagai tempat tinggal sekaligus tempat menimba ilmu agama, sembari dengan kegiatan perkuliahan di kampusnya masing-masing. Nah pesantren apa saja yang ada di jogja yang bisa menjadi rujukan para calon mahasiswa yogyakarta? Akan kami jelaskan secara singkat pada tulisan ini.

Selain terdapat berbagai universitas dan sekolah tinggi, di Yogyakarta juga banyak tersebar pesantren. Hampir di setiap kota dan kabupaten di DI Yogyakarta terpadat lembaga pendidikan pondok pesantren, di antaranya juga diperuntukan bagi kalangan mahasiswa. Beberapa pesantren yang ada di Yogyakarta sepengetahuan penulis antara lain.

Kota Yogyakarta
1.Pondok Pesantren Al-Barokah
2.Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede
3.Pondok Pesantren Nurul Ummahat
4.Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah
5.Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo
dan lain-lain.

Kabupaten Sleman
1.Pondok Pesantren Sunan Pandanaran
2.Pondok Pesantren Wahid Hasyim
3.Pondok Pesantren Inayatullah
4.Pondok Pesantren Ora Aji Tudan
5.Pondok Pesantren Assalafiyah Mlangi
6.Pondok Pesantren Ar-Risalah  Mlangi
7.Pondok Pesantren Tegalsari
dan lain-lain.

Kabupaten Bantul
1.Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak
2.Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum
3.Pondok Pesantren Al-Imdad
4.Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem
5.Pondok Pesantren Hidayatul Falah
6.Pondok Pesantren Alma Ata
7.Pondok Pesantren Aji Mahasiswa Almuhsin
dan lain-lain.

Kabupaten Kulonprogo
1.Pondok Pesantren Nurul Haramain Tuksono, Sentolo
2.Pondok Pesantren Al-Quran Wates
dan lain-lain.

Kabupaten Gunung Kidul
1.Pondok Pesantren Al-Jauhar
2.Pondok Pesantren Darul Quran wal Irsyad
dan lain-lain.

Dari berbagai pondok pesantren tersebut yang paling banyak diminati mahasiswa untuk bermukim antara lain pondok pesantren-pondok pesantren di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta, karena daerah tersebut paling banyak tersebar Perguruan Tinggi. Namun tidak menutup kemungkinan di Kabupaten Kulonprogo dan Gunung Kidul juga dijadikan tempat bermukim para mahasiswa.

Berikut gambaran umum tentang pondok pesantren di Yogyakarta, untuk lebih detail kalian bisa membaca informasi atau menghubungi teman-teman dari Arus Informasi Santri Jogja, melalui offisial akun instagramnya AISJOGJA, di sana kalian bisa meminta rekomendasi pondok pesantren yang cocok untuk dimukimi berdasarkan lokasi terdekat dengan perguruan tinggi yang kalian cari, atau mencari pesantren yang sesuai dengan minat kalian dalam mencari ilmu di pesantren, misal jika ingin fokus hafalan al-Qur'an sembari menjalani kuliah, mereka bisa memberikan gambaran yang jelas.

For Your Information, Arus Informasi Santri Jogja merupakan komunitas regional dari Arus Informasi Santri Nusantara yang bergerak di bidang media sosial, menyajikan informasi-informasi kepesantrenan yang ada di DI Yogyakarta.

Akun IG AIS JOGJA. (Klik)

Suasana ngaji di Pondok Pesantren Almunawir Komplek L
Semoga bermanfaat.

Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 comments:

Post a Comment

terimakasih ^_^